Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tradisi Usaba Puseh desa Apit Yeh, Manggis, Karangasem Bali

Usaba Puseh 

Hiburan dan tradisi

Usaba puseh Desa Apit Yeh Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali adalah sebuah Tradisi desa Apit Yeh yang dilakukan secara turun temurun. Usaba puseh adalah tradisi yang sangat sakral yang dilaksanakan oleh umat Hindu di beberapa desa di Karangasem.

Beberapa desa yang melaksanakan tradisi Usaba puseh antara lain Desa Apit Yeh, Desa Manggis, Desa Selumbung,Desa Buitan,dan beberapa desa lainnya dan usaba puseh juga memiliki rangkaian upacara yang berbeda beda di tiap tiap Desa. Usaba puseh memiliki tujuan yaitu mengungkapkan rasa syukur kehadirat Tuhan yang maha esa/Ida sang hyang widhi wasa atas keselamatan dan kedamaian yang dilimpahkanya.

Dimana Usaba puseh ini dilaksanakan setiap 1 tahun sekali pada Purnama sasih kapat.Tradisi ini telah turun menurun dilaksanakan dan salah satu ciri khas atau keunikan dari tradisi ini adalah adanya DARATAN atau sebuah kegiatan dimana orang orang yang mengalami kerasukan dan ini merupakan momen yang paling spasial dari acara ini.
Tempat berlangsungnya usaba puseh ini ialah di salah satu pura kahyangan tiga yaitu pura Puseh.

Alur dari usaba puseh dikelompokkan menjadi 3 tahapan yaitu:
1. Bersih bersih/Ngias/Ngayah.
Pada tahapan ini penduduk yang di desa akan melakukan bersih bersih terhadap pura puseh serta dilakukan ngias pada pelinggih pelinggih yang ada di pura puseh, dan kegiatan ini akan dilakukan oleh semua warga laki laki dan pemuda pemudi yang ada di Desa Apit Yeh, sedangkan para wanita akan mempersiapkan banten banten yang diperlukan.

2. Hari Puncak.
Pada saat melakukan usaba puseh di Apit Yeh, terdapat 3 hari pelaksanaan, hari pertama merupakan hari puncak usaba yang dihari ini terdapat orang orang narat/ mirip kerahuan dan mereka akan menari sambil mengikuti irama gong serta setelah acara ini akan dilakukan persembahyangan bersama.

Hari kedua, pada hari ini, adalah hari untuk persembahyangan, biasanya masyarakat yang merantau ke luar kota akan datang di hari ini untuk melakukan persembahyangan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam memohon keselamatan, kesehatan dan kemakmuran,

Hari ketiga, dimana pada hari ini disebut dengan istilah nyineb atau selesai, pada hari ini akan diadakan daratan/narat kembali dan disertai dengan "meprani' yang memiliki arti megucakan puji sykur atas hasil alam yang diberikan.

Bagi kalian yang ingin belajar trading, kalian bisa megklik link Trading Binomo, kalian bisa mendapatkan akun demo 1000 dollar/ 14 Juta untuk latihan kalian dalam Trading, jadi buruan buka akun kalian dan nikmati pengalaman trading yang meyenangkan.

3. Nyineb/ Penutupan.
Ini merupakan rangkaian terakhir dari upacara usaba puseh, akan diadakan bersih bersih oelh masyarakat Apit Yeh untuk membersikan sampah sampah dan melepas busana dari pelinggih pelinggih yang ada di pura puseh dan menyimpannya untuk digunakan pada tahun berikutnya.

Untuk lebih mengetahui tentang apa itu DARATAN  dalam tradisi Usaba puseh dapat dilihat dengan mengklik link di bawah ini video di bawah ini

Hiburan dan tradisi

Umumnya tradisi Usaba puseh ini berlangsung 2-3 hari dan dalam pada hari terakhir disebut nyineb atau penutupan.

Banyak hal yang bisa diambil dari sebuah tradisi yaitu:
Tradisi antara desa maupun daerah pasti berbeda beda hal ini menjadikan tambahan ilmu bagi kita semua danUsaba puseh merupakan tradisi sakral bagi umat Hindu di beberapa desa di kabupaten Karangasem Bali dan hendaknya tradisi ini terus dilestarikan dan patut dihormati dan 
Semoga konten ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra