Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian mengenai karya sastra arjuna wiwaha

ARJUNA WIWAHA KAHURIPAN
Jawa timur abad ke 10 Masehi
Kerajaan Medang Kamulan

Hiburan dan tradisi

Kekawin Arjunawiwaha adalah kekawin pertama yang berasal dari Jawa Timur. Karya sastra ini ditulis oleh empu Kanwa pada masa pemerintahan prabu Airlangga, yang memerintah Jawa Timur dari tahun 1019 sampai dengan tahun 1042 Masehi. Sedangkan kekawin ini diperkirakan digubah tahun 1030.

Kekawin ini menceritakan sang arjuna ketika bertapa di gunung Mahameru. Lalu ia diuji oleh para dewa dengan mengirimkan tujuh bidadari yang diperintahkan untuk menggodanya. Nama bidadari yang terkenal adalah Dewi Supraba dan Tilottama. 

Para bidadari tidak berhasil menggoda Arjuna, maka Betara Indra sendiri menyamar menjadi seorang brahmana tua. Mereka berdiskusi soal agama dan Indra menyatakan jati dirinya lalu pergi. Lalu setelah itu ada seekor babi yang datang dan mengamuk dan arjuna memanahnya. 

Tetapi pada saat yang bersamaan ada seorang pemburu tua yang datang dan juga memanahnya. Ternyata pemburu itu adalah Betara Siwa. Setelah itu arjuna diberikan tugas untuk membunuh niwatakawaca, seorang raksasa yang menggangu khayangan. Arjuna berhasil dalam tugasnya dan diberi anugerah boleh mengawini tujuh bidadari.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai karya sastra Arjunawiwaha dan semoga ini bermanfaat bagi kita semua.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra