Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian mengenai karya sastra kresnayana

KARYA SASTRA KRESNAYANA
Bogor, Jawa Barat abad ke 5 Masehi
Kerajaan Taruma Nagara.

Hiburan dan tradisi

Kekawin kresnayana adalah sebuah karya sastra Jawa kuno karya Empu Triguna yang menceritakan pernikahan prabu Kresna dan penculikan calon istrinya yaitu Rukmini. Singkat ceritanya sebagai berikut;

Dewi Rukmini, putri prabu Bismaka di negeri Kundina, Sedah dijodohkan dengan Suniti, raja negeri Cedi. Tetapi Rukmini, Dewi Pretukirti lebih suka jika putrinya menikah dengan Kresna. Maka karena hari besar sudah tiba, lalu Suniti Dan Jarasanda, pamannya, sama sama datang ke di Kundina. Pretukirti dan Rukmini diam diam memberi tahu Kresna supaya cepat datang secepatnya. Kemudian Rukmini dan Kresna diam diam melarikan diri.

Mereka dikejar oleh Suniti,Jarasanda dan Rukma adiknya Rukmini, beserta para bala tentara mereka. Kresna berhasil membunuh mereka semua dan hampir membunuh Rukma tetapi dicegah oleh Rukmini. Kemudian mereka pergi ke Dwarawati dan melangsungkan pesta pernikahan.

   Kekawin kresnayana ditulis oleh empu Triguna pada saat prabu Warsajaya memerintah di Kediri pada kurang lebih tahun 1104 Masehi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai karya sastra kresnayana dan semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra