Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian mengenai karya sastra bharatayudha

BHARATAYUDHA
Kerajaan Kediri, Jawa Timur
Abad ke 12 Masehi Kediri.

Bharatayudha adalah istilah yang dipakai di Indonesia untuk menyebutkan perang besar di Kurukshetra antara keluarga Pandawa melawan Korawa (Mahabarata). Perang ini merupakan klimaks dari kisah Mahabharata yaitu sebuah wiracarita terkenal dari India.


Istilah bharatayudha berasal dari kata Bharatayuddha (perang bharata), yaitu sebuah naskah kekawin berbahasa Jawa Kuna yang ditulis pada tahun 1157 Masehi oleh empu Sedah dan empu Panuluh atas perintah maharaja Jayabhaya, raja kerajaan Kediri. 

Karya ini merupakan gubahan dari Mahabharata. Isi kitab ini menjelaskan peperangan dari daerah bharata yaitu Pandawa melawan Korawa yang berlangsung 18 hari. Boleh jadi kekawin bharatayudha yang ditulis pada masa Kediri itu sebagai simbolis keadaan perang saudara antara Kerajaan Kediri dengan Kerajaan Jenggala yang sama sama keturunan Raja Erlangga. 

Keadaan perang saudara itu digambarkan seolah olah seperti yang ditulis dalam kitab Mahabharata karya Vyasa yaitu perang antara Pandawa melawan Korawa yang sebenarnya juga keturunan Vyasa sang penulis.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai karya sastra Mahabharata dan semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra