Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan agama Hindu di negara negara di dunia

PERKEMBANGAN AGAMA HINDU DI DUNIA

Hiburan dan tradisi

Agama Hindu pernah berkembang di berbagai dunia,namun yang paling identik adalah di India, namun selain di India agama Hindu juga berkembang di beberapa negara di dunia. Beberapa bukti peninggalan sejarah dan kepercayaan masyarakat dunia dapat kita pergunakan sebagai dasar untuk menyatakan dan mempelajari bahwa agama Hindu pernah berkembang di negara negara di dunia.

Berikut ini adalah beberapa negara negara yang pernah berkembangnya agama Hindu yaitu:
1. India.
   Terhitung sejak ribuan tahun yang lalu, India telah dikenal oleh berbagai macam bangsa bangsa di dunia. Sekitar 4000 SM negeri India sudah banyak di diami oleh berbagai suku bangsa, yang kemudian membentuk sistem pemerintahan kota yang berpisah pisah. Mohenjodara dan Harappa adalah kota yang paling maju  yang didiami oleh bangsa dravida.

Sekitar 3000-1500 SM, kebudayaan Mohenjodara dan Harappa sedang suburnya maka datanglah bangsa Arya (bansa kulit putih) menyerang India dan menghancurkan hasil kebudayaannya. Maka pada saat itu terjadi pencampuran kebudayaan antara bangsa Dravida-India dengan bangsa Arya-Kaspia dan akhirnya muncullah kebudayaan Weda.

Berdasarkan catatan yang menyatakan bahwa sejarah perkembangan agama Hindu di India berlangsung dalam kurun waktu yang lama yakni berabad-abad sampai sekarang. Dan menurut pola pemikiran yang disampaikan oleh "Govinda Das Hiduism Madras", pengelompokan yang dimaksud dibagi menjadi tiga zaman yaitu:

1. Zaman Weda.
2. Zaman Brahmana.
3. Zaman Upanisad.

2. Mesir (Afrika).
   Sebuah prasasti dalam bentuk inskripsi yang berhasil digali di Mesir berangka tahun 1280 SM, isinya memuat tentang perjanjian antara raja Ramses 2 dengan bangsa Hittite. Maitravaruna sebagai dewa kembar dalam Weda telah dinyatakan sebagai saksi. Maitravaruna adalah sebutan tuhan yang maha esa dalam konsep ketuhanan agama hindu. Raja raja Mesir di zaman purbakala mempergunakan nama nama seperti: Ramesee 1, Rameses 2, Rameses 3 dan seterusnya.

3. Madagaskar.
   Madagaskar adalah sebuah pulau yang terletak agak jauh dari timur pantai Afrika Selatan. Dinyatakan kebanyakan nama nama tempat yang ada disana mempergunakan kata yang memiliki hubungan dengan sebutan Rama.

4. Afrika Utara.
   Mengenai istilah gurun Sahara, para ahli geologi mengemukakan suatu teori yang menyatakan bahwa gurun itu adalah sebuah samudera yang mengering. Samudera dalam bahasa sansekerta disebut Segara. Ada kemungkinan bahwa kata Sahara yang ada sekarang merupakan salah ucapan dari kata Segara. 

Dikatakan juga bahwa ketika Sahara masih ada di bawah air masyarakat yang hidup di sekelilingnya kebanyakan diantara mereka mempergunakan nama nama yang ada hubungannya dengan bahasa sansekerta. Beberapa diantara mereka mempunyai hubungan keluarga dengan negeri Kosala.

5. Meksiko.
   Meksiko terbilang negeri yang sangat jauh dengan India. Masyarakat negeri ini dikatakan telah terbiasa melaksanakan sebuah hari raya pesta ria yang disebut dengan hari Rama Sita. Waktu hari pesta ria ini memiliki hubungan erat dengan waktu suci Dussara dalam agama hindu" India". 

Penduduk zaman purbakala yang ada di daerah daerah Meksiko adalah orang orang astika yaitu orang orang yang percaya akan adanya Weda. Penemuan patung Ganesha di Meksiko dihubungkan dengan arca Ganesha sebagai putra dewa Siwa dalam ajaran agama hindu. Masyarakat Astika adalah suku bangsa Aztec yang kebanyakan diantara mereka memiliki kepercayaan memuja dewa Siwa.

6. Peru.
   Disebelah barat daya Amerika latin terdapat negeri yang disebut dengan Peru. Penduduknya melakukan pemujaan terhadap dewa matahari. Hari raya tahunan Masyarakat ini jatuh pada pada hari hari solitis. Masyarakat negeri Peru dikenal dengan bangsa Inca, kata Inca berasal dari kata Ina yang berarti matahari. 

Pada tanggal 22 Desember Matahari berada di titik bumi bagian selatan (Daksinayana). Dimana waktu ini dipandang baik untuk melaksanakan upacara yang berhubungan dengan bhuta Yadnya. Pemujaan terhadap dewa matahari "Surya Raditya" terbiasa dilakukan oleh umat Hindu Bali, sebagaimana juga bangsa Inca dilaksanakan oleh bangsa Inca sebagai penduduk negeri Peru.

7. Kota California.
   California adalah sebuah kota yang terdapat di Amerika. Nama kota ini diperkirakan memiliki hubungan dengan kata Kapila Aranya. Di kota California terdapat cagar alam yang bernama Gunung abu "sah mountain park" dan sebuah pulau kuda "Horse Island" di Alaska Amerika Utara. Kata Pata Loka memiliki arti negeri dibalik India yaitu benua Amerika.

Kata California memiliki kedekatan dengan kata Kapila Aranya. Kondisi ini memungkinkan sekali karena secara nyata dapat kita ketahui bahwa di Amerika terdapat cagar alam yang bernama Gunung abu yang kemungkinan berasal dari abunya putra putra Raja Sagara yang berjumlah enam puluh ribu dan nama pulau kuda diambil dari nama kuda untuk persembahan raja Sagara.

8. Australia.
   Penduduk negeri kangguru ini memiliki tarian tradisional yang disebut Siwa dance atau tarian Siwa. Siwa dance adalah semacam tarian yang umum berlaku diantara penduduk asli Australia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penari Siwa dance ini menghiasi dahinya dengan hiasan mata ke tiga. Hal ini merupakan suatu bukti bahwa negeri Australia telah mengenal atau mendengar dongeng dongeng Weda dan nama nama dewa dalam kitab suci Weda.

9. Indonesia.
   Di Indonesia banyak sekali ditemukan berbagai peninggalan sejarah bercorak Hindu. Agama Hindu disebut sebut sebagai agama yang tertua dalam sejarah peradaban manusia. Agama Hindu pertama kali tumbuh dan berkembang dengan subur di negara India. Ajaran agama hindu masuk ke Indonesia sejak permulaan Masehi.

Agama Hindu dikenal oleh penduduk Indonesia melalui hubungan dagang dengan India. Kitab suci agam Hindu adalah Weda. Ajaran agama hindu merupakan ajaran yang memuja banyak dewa. Dewa dewa dianggap menepati posisi paling tinggi yaitu: Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa.

Menurut peninggalan sejarah yang menyatakan bahwa Maha Rsi Agastya menyebarkan agama Hindu dari India ke Indonesia melalui sungai Gangga, Yamuna, India selatan dan India belakang. Mengingat jasanya yang besar maka namanya namanya disucikan dalam prasasti yang bernama prasasti dinoyo. Dan peninggalan agama hindu di Indonesia sangatlah banyak mulai dari prasasti, karya sastra, Arca arca, Candi Candi dan masih banyak lagi.

Demikianlah perkembangan agama Hindu di negara negara di dunia dan semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra