Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 lapisan tubuh manusia menurut ajaran yoga

LAPISAN LAPISAN TUBUH MANUSIA DALAM YOGA YAITU:

Manusia yang sesungguhnya bukanlah hanya salah satu bagian dari  3  tubuh tersebut di atas. Lapisan kesadaran yang tersebut di atas hanyalah untuk membebaskan diri dan mencapai pencerahan. Seseorang haruslah berhenti mengidentifikasi dengan salah satu lapisan atau tubuh yang dimaksud dan mengidentifikasi dengan sesuatu yang melebihi semua lapisan tubuh ,yakni atman /jiwa . Praktik yoga dapat meningkatkan kesadaran manusia untuk menyadari dan mencapai keberadaan jiwanya dengan memurnikan 5 lapisan tubuh lainnya seperti;
1. Annamaya kosha.
   Annamaya kosha merupakan lapisan tubuh atau fisik yang berasal dari unsur makanan. Makanan yang terdapat dalam tubuh fisik terbentuk dari unsur dunia fisik yakni:
Makanan. 
 
2. Pranamaya kosha.
   Pranamaya kosha merupakan lapisan tubuh atau vital yang berasal dari unsur energi. Lapisan energi terdapat dalam tubuh astral yang bekerja dengan bantuan 5 prana dan 5 organ aksi.
3. Manomaya kosha.
   Manomaya kosha merupakan lapisan tubuh mental atau pikiran. Lapisan tubuh yang berasal dari mental atau pikiran yang terdapat dalam tubuh astral dan bekerja dengan bantuan 5 organ pengetahuan dan beberapa unsur dalam, yakin:
Pikiran atau Manas.
Pikiran bawah sadar atau Chitta.
4. Vijnamaya kosha.
   Vijnamaya kosha merupakan lapisan tubuh intelek. Lapisan tubuh yang berasal dari unsur intelek yang terdapat di dalam tubuh astral dan bekerja dengan bantuan ilmu pengetahuan yang bekerja sama dengan intelek yaitu:
Budhi.
Ahamkara.   
Yang memiliki tujuan untuk pembenaran diri.
5. Anandamaya kosha.
   Anandamaya kosha merupakan lapisan tubuh kebahagiaan. Lapisan tubuh yang berasal dari kebahagiaan dan terdapat di dalam tubuh kausal.
Demikianlah penjelasan mengenai lapisan lapisan tubuh manusia menurut ajaran yoga, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra