Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ajaran dan bagian bagian dari Sapta Timira yang ada di dalam diri manusia

 SAPTA TIMIRA

Seluruh makhluk hidup bersumber dari atman, atman sejatinya sama dengan Brahman akan tetapi karena kegelapan, menyebabkan manusia tidak sama dengan sang pencipta. 

Kegelapan yang ada di dalam diri manusia disebut Sapta Timira, Sapta Timira berasal dari dua kata yaitu Sapta yang artinya tujuh dan Timira yang berarti kegelapan atau Awidya, jadi Sapta Timira adalah tujuan kegelapan yang ada di dalam diri manusia yang menyebabkan pikiran orang menjadi gelap dan dapat menimbulkan sifat sifat buruk dalam diri manusia. 

Ketujuh kegelapan yang ada di dalam diri manusia merupakan Awidya yang kita bawa sejak kita lahir. Sifat sifat Awidya antara lain:

Angkuh, kejam, marah, sombong, iri hati, dengki, memfitnah, merampok, dan hal negatif lainnya yang bertentangan dengan ajaran agama Hindu. Manusia sangatlah beruntung terlahir di dunia diberikan kelebihan dapat membedakan mana yang baik, mana yang buruk, seperti yang tersurat di dalam pusaka suci Sarasamuscaya 2 yang menyebutkan bahwa:

Manusah sarvabhutesu varttate vai subhasubhe asubhesu samavistam subhesvevavakarayet

Artinya:

Di antara semua mahluk hidup, hanya manusia sajalah yang dapat melaksanakan dan membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk, melebur perbuatan buruk menjadi perbuatan baik itulah tujuan hidup manusia.


Bagian bagian dari Sapta Timira

Sapta Timira adalah tujuh kegelapan yang perlu dihindari, kegelapan disebut juga dengan Awidya, Awidya juga diuraikan dalam kitab suci Niti Sastra. Dalam kitab suci Niti Sastra menyebutkan bahwa ada Tujuh unsur yang menyebabkan manusia mabuk atau Awidya. Ketujuh kegelapan itu disebut Sapta Timira.

Berikut ini adalah bagian bagian dari Sapta Timira yaitu:

1. Surupa.

Surupa adalah mabuk karena memiliki wajah cantik atau tampan.

2. Dhana.

Dhana adalah mabuk karena memiliki kekayaan.

3. Guna.

Guna adalah mabuk karena memiliki kepandaian.

4. Kulina.

Kulina adalah mabuk karena memiliki keturunan dari keluarga terpandang.

5. Yowana.

Yowana adalah mabuk karena keremajaan.

6. Sura.

Sura adalah mabuk karena minum minuman keras.

7. Kasuran.

Kasuran adalah mabuk karena keberanian.


Itulah sedikit pengertian dan bagian bagian dari Sapta Timira yang hendaknya perlu untuk dijauhi karena akan berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup kita.




Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra

Post a Comment for "Ajaran dan bagian bagian dari Sapta Timira yang ada di dalam diri manusia"