Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amazing! Ini Keunikan Danau Tiga Warna Kelimutu Yang Harus Anda Nikmati


Amazing! Ini Keunikan Danau Tiga Warna Kelimutu Yang Harus Anda Nikmati – Indonesia memang kaya akan pesona alamnya. Karena itu, di Indonesia terdapat banyak sekali danau yang sangat populer dan menawarkan keindahan yang eksotis. Salah satunya adalah danau kelimutu ende. Danau ini merupakan salah satu danau di Indonesia yang banyak dinilai sebagai salah satu danau terindah di dunia. Tak jarang danau ini banyak dijadikan sebagai destinasi wisata para traveler pecinta alam.

Selain keindahan alam yang ditawarkan, danau ini juga memiliki keunikan sendiri. Dimana airnya dapat berubah warna dan setiap warna air danau memiliki artinya sendiri-sendiri. Menurut kepercayaan dan cerita dari penduduk setempat, di danau ini terdapat kekuatan alam yang besar. Warna air pada danau ini diantaranya berwarna biru, merah dan juga putih bersih. Untuk anda yang tertarik berkunjung ke danau ini, berikut kami sajikan ulasan lengkapnya bagi anda dibawah ini.


Lihat Keunikan Danau Tiga Warna Kelimutu Perlu Anda Nikmati

1. Lokasi Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terletak di puncak Gunung Kelimutu di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi detailnya adalah kawasan desa Pemo, kawasan Kelimutu, Kabupaten Ende. Keberadaan danau ini dikenal sebagai danau tiga warna karena memiliki air yang dapat berubah warnanya hingga tiga warna yaitu merah, biru dan putih.

Perlu Anda ketahui juga bahwa danau ini berada di ketinggian 1631 meter di atas permukaan laut. Selain itu, diketahui Ketiga danau tersebut memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dan berisi 1.292 juta meter kubik air. Batas antara danau adalah dinding batu sempit yang rawan longsor. Dinding batu yang sangat curam dengan sudut kemiringan hingga 70 derajat.

2. Akses Menuju Kawasan Danau Kelimutu

Untuk mengakses provinsi NTT, khususnya di kawasan danau Kelimutu di Kupang, Anda harus terbang ke kota Ende di Pulau Flores. Dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan waktu tempuh sekitar 3 jam untuk menuju desa Kaonara yang berjarak 93 km dengan menggunakan kendaraan umum berupa minibus. Sementara itu, jika anda dari desa koanara menuju puncak danau kelimutu, anda akan menempuh jarak sejauh 2,5 km dari desa Koanara menuju puncak Danau Kelimutu.

3. Kawasan Konservasi Alam Nasional

Danau Kelimutu, masuk dalam salah satu cagar nasional sejak 26 Februari 1992. Beberapa tanaman yang bisa Anda temukan di sini adalah Kesambi, Chemara, dan Edelweiss. Sementara itu, di kawasan danaunya terdapat juga berbagai fauna seperti rusa, babi hutan, burung liar dan elang hidup di sekitar danau. Air danau Kalimutu yang berubah warna setiap tahun memiliki tiga kolam besar. Air di salah satu dari tiga kolam mungkin tampak kemerahan dan dapat berubah dari hijau tua menjadi merah hati. Uniknya, setiap kubangan juga dapat berubah warna airnya, ketiga warna air di setiap kolam tersebut berbeda warna. Warnanya berkisar dari hijau tua hingga hijau muda, merah coklat tua hingga biru muda.

4. Fasilitas Objek Wisata

Danau Kelimutu yang menjadi salah satu destinasi wisata dunia memiliki fasilitas yang cukup memadai di sekitar danau. Di sekitar danau terdapat beberapa pondok penjaga, gubug kecil yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh, toilet, tempat parkir, dan tempat menginap.

 Bagaimana,  tertarik untuk mengunjungi Danau Kelimutu? Anda dapat menambahkan danau kelimutu kedalam list daftar rencana liburan anda karena keindahan alamnya yang akan membuat anda terpesona ketika mengunjungi danau tersebut. Semoga bermanfaat

Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra

Post a Comment for "Amazing! Ini Keunikan Danau Tiga Warna Kelimutu Yang Harus Anda Nikmati"