Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asyiknya Memancing Ikan Dari Bukit Karang di Wisata Pantai Wediombo


 Asyiknya Memancing Ikan Dari Bukit Karang di Wisata Pantai Wediombo – Pantai, merupakan salah satu destinasi wisata yang paling digemari masyarakat Indonesia selain gunung. Terdapat banyak sekali Pantai di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari banyak pulau. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai wediombo. Terlebih lagi jika anda memiliki hobi memancing, nampaknya pantai yang satu ini akan sangat cocok bagi anda. Pantai ini menjanjikan para pemancing dengan spot yang unik dan ikannya yang banyak. Anda dapat memancing melalui bukit karang yang merupakan salah satu spot memancing yang paling populer di pantai ini.

Selain ikannya yang banyak dan juga spot memancing yang unik, pemandangan di pantai ini juga tak kalah menarik. Anda akan dimanjakan dengan pesona keindahan pantai khas pesisir selatan. Nah, untuk anda yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lengkapnya lagi mengenai pantai wediombo, berikut kami sajikan ulasan lengkapnya bagi anda dibawah ini.

Rasakan Sensasi Mancing Ikan Dari Bukit Karang di Wisata Pantai Wediombo

1.      Lokasi dan Akses Menuju Pantai

Pantai Widiombo terletak di Desa Jepitu, tepatnya di Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Karena letaknya yang jauh dan berada di sebelah timur Gunungkidul, keberadaan pantai ini cukup terpencil. Oleh karena itu, tidak heran jika pantai ini jarang dikunjungi wisatawan kecuali pada hari libur. Pantai Wediombo menawarkan pemandangan yang indah, bersih dan damai. Sedangkan untuk menuju ke sana, Anda harus mengikuti rute melalui Pantai Siung atau anda juga bisa melalui kawasan Semanu-Kuvelo-Tepus. Jalan menuju pantai sudah bagus tapi terpencil dan relatif sepi.

2.      Kegiatan Memancing Yang Asyik

Bagi para pemancing, sayang sekali jika melewatkan Pantai Bediombo sebagai tempat memancing. Namun, Anda harus memiliki mental yang kuat untuk memancing di Pantai Wedi Ombo. Hal ini karena Tempat Pemancingan atau spot pemancingannya yang terletak di ketinggian bukit karang di mana terdapat resiko untuk diterjang ombak besar. Tentu sangat sulit dan sangat menantang. Untuk sampai ke sana, Anda harus berjalan ke arah timur menyusuri garis pantai. Meski banyak kendala dan rintangan yang harus diatasi, hasil mancing di pantai ini cukup memuaskan.

 

 Pemancing harus tahu bahwa di kawasan Pantai Wediombo, mereka dapat menangkap berbagai jenis ikan besar. Salah satu spesies ikan yang umum terlihat adalah cucut atau lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai ikan lokal atau panjo. Mendapatkan umpan untuk memancing sangatlah mudah. Anda bisa mendapatkan umpan dengna menggunakan ikan teri hanya dengan menarik jaring kecil dari pinggir pantai.

3.      Melihat Upacara Adat Ngalangi

Masyarakat perdesaan memang mempunyai tradisi mengucap syukur sehabis panen, begitu juga para penduduk sekitaran Pantai Wediombo yang juga mengadakan upacara adat yang biasa disebut Ngalangi. Upacara ini digelar setiap setahun sekali oleh penduduk setempat sebagai unkapan dan ucapan rasa syukur pada Sang Pencipta. Tetapi Panen yang dimaksud adalah berupa hasil panen tangkapan laut.

 Biasanya bila anda beruntung, maka akan menjumpai prosesi upacara adat yang akan diawali menggunakan merentangkan gawar. Gawar yakni jaring yang dibuat dari pohon wawar dan dipasangkan waktu air laut pasang berdasarkan bukit Kedongkowok sampai daerah pasang surut pantai. apabila sudah tiba waktu surut masyarakat akan menangkap ikan-ikan yang terjebak pada gawar tadi dan kemudian ramai-ramai mengolah ikan hasil tangkapan tadi.

Nah, itu tadi merupakan ulasan lengkapnya bagi anda. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra

Post a Comment for "Asyiknya Memancing Ikan Dari Bukit Karang di Wisata Pantai Wediombo"