Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukti Sejarah dan Berkah di Objek Wisata Pantai Sundak Yogyakarta


 Bukti Sejarah dan Berkah di Objek Wisata Pantai Sundak Yogyakarta – Gunung kidul, merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki keindahan alam berupa pantai yang menawan dan mempesona. Daerah ini sangat terkenal karena destinasi wisata alam khususnya pantai di pesisir selatan. Salah satu pantai yang indah dan cantik yang ada di gunungkidul adalah pantai sundak. Pantai ini memiliki sejuta keindahan dengan pemandangan yang menawan dan juga menjadi tempat yang menyimpan banyak keberkahan bagi warga sekitar.

Siapa sangka daerah ini dulunya merupakan wilayah yang gersang dan kering. Selum ditemukan sumber air yang bersih di gua yang ada di daerah inim dulunya penduduk sekitar kesulitan mendapat akses air bersih. Setelah ditemukan sumber air tawar yang bersih, daerah ini kini menjadi daerah yang subur dan tentunya memberi keberkahan bagi warga sekitar. Nah untuk anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai objek wisata pantai sundak, berikut kami sajikan ulasannya untuk anda.

Objek Wisata Pantai Sundak Yogyakarta

1. Fasilitas

Pantai Sundak adalah salah satu pantai yang paling cocok bagi anda yang gemar berkemah. Tidak ada penginapan di sekitar pantai ini, tapi Anda bisa mendirikan tenda dan bermalam di pinggiran pantai. Anda juga dapat menghabiskan waktu santai di restoran-restoran yang berjejer di sepanjang pantai. Destinasi wisata ini sudah memiliki masjid dan pemandian berupa kamar mandi dan toilet umum sebagai fasilitas bagi pengunjung. Harga tiketnya yang murah hanya sekitar Rp. 4000 namun dapat berubah sewaktu-waktu, terutama pada hari libur nasional.

2. Sejarah Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki sejarah yang cukup panjang di dalamnya. Nama Pantai ini konon kabarnya berasal dari kata 'Asu' dan 'Landak' yang bertarung di tepi gua. Menurut cerita yang beredar dulu terdapat terdapat Seekor anjing lapar yang bertarung dan menggigit bagian tubuh landak, kemudian si pemilik anjing  mencari anjingnya dan menemukana anjing tersebut beserta sumber air tawar yang selama ini menjadi anugerah tersendiri bagi warga sekitar yang kekurangan air bersih. Setelah kejadian tersebut penduduk setempat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Sundak.

3. Gua bersejarah Pantai Sundak

Hingga saat ini, banyak pengunjung yang tertarik dengan goa bersejarah yang ada di Pantai Sundak. Tempat wisata ini sebenarnya memiliki gua yang tingginya 12 meter. Gua ini berisi sumur alami yang menjadi sumber mata air tawar yang mana menjadi berkah tersendiri bagi penduduk setempat. Selain itu, pantai dengan pasir putih dan ombak yang besar yang ada di pantai sundak juga sangat menarik. Terdapat juga bebatuan karang kecil yang banyak di pinggiran pantai yang semakin menambah pesona di pantai Sundak ini.

4. Lokasi Pantai Sundak

Wisata laut ini merupakan salah satu wisata andalan yang mana anda akan rugi jika tidak mengunjungi wisata ini ketika berada di Yogyakarta. Jarak yang ditempuh untuk mencapai pantai ini hanya berjarak dua jam dari pusat kota Yogyakarta. Anda dapat menyusuri jalur Wonosari menuju kawasan Tepus Gunung Kidul untuk mencapai pantai sundak. Perjalanan yang  melelahkan ini nantinya akan terbayar tuntas dengan indahnya pemandangan alam  Pantai Sundak.

Nah, itu tadi beberapa ulasan lengkapnya bagi anda mengenai wisata pantai sundak di Yogyakarta. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat. 

Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra

Post a Comment for "Bukti Sejarah dan Berkah di Objek Wisata Pantai Sundak Yogyakarta"