Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran


 Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran - Pulau Jawa sebagai salah satu pulau yang paling maju pertumbuhannya di Indonesia ternyata masih menyimpan berbagai keindahan alam yang seolah belum tersentuh oleh tangan manusia, salah satunya adalah Taman Nasional Baluran yang masih termasuk dalam wilayah Propinsi Jawa Timur. Nama Baluran sendiri diambil dari nama sebuah gunung yang berada di wilayah ini yakni Gunung Baluran sehingga kini dijadikan menjadi nama sebuah taman nasional.

Taman Nasional Baluran sendiri merupakan taman nasional terluas yang ada di Pulau Jawa dengan vegetasi yang cukup beragam di antaranya adalah sabana atau padang rumput, hutan musim, hutan pantai, hutan mangrove, dan hutan rawa. Taman nasional yang satu ini juga sering disebut sebagai Afrika-nya Indonesia, hal ini dikarenakan Taman Nasional Baluran memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis berupa padang rumput atau sabana yang sangat luas, berikut ini akan kami ulas pesona keindahan dari Taman Nasional Baluran.

Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran

1. Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berlokasi tepatnya berada di Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur yang mana taman nasional ini sangatlah luas sehingga pada sebelah utara berbatasan langsung dengan Selat Madura serta di sebelah timur berbatasan langsung dengan Selat Bali. Taman nasional yang satu ini juga diapit oleh dua buah gunung yakni Gunung Ijen dan Gunung Semeru, serta ada juga Gunung Baluran yang sekarang sudah tidak aktif lagi.

2. Pesona Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran yang berada di Propinsi Jawa Timur ini memiliki padang rumput atau sabana yang paling luas di Pulau Jawa, pemandangan ini tentunya membuatnya terlihat sangat eksotis sehingga seolah - olah Anda sedang berada di Afrika. Di taman nasional ini juga ditumbuhi oleh sekitar 400 jenis tanaman, selain itu Anda juga akan bisa menemukan berbagai jenis hewan di taman nasional ini seperti monyet, burung merak, gajah, dan berbagai jenis hewan lainnya.

3. Hal Menarik di Taman Nasional Baluran

Ada berbagai hal menarik yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke Taman Nasional Baluran, bagi pecinta fotografi Anda bisa mengabadikan pemandangan indah di taman ini. Selain itu bagi Anda yang menyukai petualangan maka Anda bisa melakukan trekking menjelajahi indahnya alam di taman nasional ini, Anda juga bisa menyewa perahu yang tersedia di Pantai Bawa, jika Anda seorang pecinta hewan maka Anda bisa mengamati perilaku berbagai macam hewan yang ada di taman ini.

4. Akses Menuju Taman Nasional Baluran

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran maka Anda tidak perlu khawatir sebab akses jalan menuju taman nasional ini cukup mudah karena jalan yang sudah diaspal, selain itu taman nasional yang satu ini juga dilintasi oleh jalur lintas propinsi yang menghubungkan Pulau Bali. Bagi Anda yang berasal dari luar kota maka Anda bisa singgah terlebih dahulu di Surabaya ataupun Banyuwangi untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional terluas di Pulau Jawa yang memiliki pemandangan eksotis, oleh karena itu sangatlah sayang untuk dilewatkan
Hiburan dan tradisi
Hiburan dan tradisi Nama saya I Putu Agus Aryadi Pranata Putra

Post a Comment for "Eksotisme Afrika di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran"